•  

    Februari 13, 2011

    Cara Mudah Menulis Kode Script HTML Untuk Posting Blog

    2 komentar
    Sebenarnya saya udah prnah posting tutorial "Cara Mudah Menulis Kode Script HTML  Untuk Posting Blog" pada bulan september tahun kemarin, tapi karena ada komentar Sobat yg bilang kalo cara tersebut dirasa masih terlalu ribet, jadi saya coba posting ulang, tentunya saya buat lebih sederhana, agar kita yg masih sama" newbie & masih tahap belajar, bisa dengan lebih mudah memahaminya.
     Bagi Sobat blogger yg udah senior, mungkin postingan saya ini udah jadul bangedzz alias ketinggalan jaman, tapi bagi yg masih NEWBIE seperti saya ini, saat pertama kali ingin mencoba belajar membuat posting tentang tutorial Blog.....ternyata pengalaman mengatakan bahwa...saya sangat kebingungan n nggak mudeng blaazz(nggak paham), bagaimana nggak bingung, setiap kode script yg coba saya tulis, begitu saya terbitkan jadinya acak-acakan, nggak seperti yg saya harapkan....
    Tapi saya yakin, pengalaman saya ini juga pernah terjadi pada Sobat....hehehehee......jujur aja yaaaa.. :)
    Akhirnya saya coba puter" n keliling", tanya sama Mbah google, .................wooowww....setelah berjuang tanpa lelah(wkwkwkk....), ternyata ada juga cara yg sangat mudah n nggak serumit yg kita bayangkan(khusus sesama newbie). Yo wis lah, saya nggak mau ber tele-tele....Sobat pasti capek baca nya n ane cape ngetik nya.....  langsung aja ke TKP........>>>

    Sebagai Contoh, misalnya kita akan posting artikel tutorial blog dengan kode script dibawah ini,


    <script src='http://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.2.6/jquery.min.js' type='text/javascript'/>
    <script type='text/javascript'>
    $(document).ready(function(){
    $(".trigger").click(function(){
     $(".panel").toggle("fast");
     $(this).toggleClass("active");
     return false;
    });
    });
    </script>



    agar code script diatas bisa kita posting sesuai dengan yang kita harapkan,/ alias tidak rusak, maka langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut,


    Langkah .1

    Silahkan Sobat buka link ini: centricle.com
    Disini(gambar), sebagai contoh, saya mencoba menggunakan kode script di atas, dimana hasilnya Sobat bisa melihat, yaitu pada gambar.2(script asli), dan gambar.3(hasilnya setelah di encode).




    gambar .1



    Langkah .2 

    Copy code script yang akan Sobat tampilkan ke dalam postingan (untuk percobaan, silahkan copy kode script diatas), dan paste kan kedalam kolom yg tersedia, yg masih tampak kosong tersebut (gambar.1).
    Maka selanjutnya akan terlihat seperti gambar dibawah ini (gambar.2)


    Gambar .2

    Langkah .3

    Klik tombol encode, dan hasilnya akan terlihat seperti gambar dibawah ini (Gambar.3)

    Gambar .3

    Langkah .4

    Sobat hanya tinggal meng copy hasilnya, dan selanjutnya paste kan pada postingan.

    Kira-kira gitu aja sih, kali aja di antara Sobat semua ada yg mau menambahkan, atau ada cara yg lebih mudah, mohon bersedia tuk berbagi ilmunya.  :)





    2 komentar:

    1. @Acernoval: yach, semoga bisa sdikit membantu, trutama bagi kawan" yg masih sama" belajar.
      Oya, jangan lupa share joega kalo ada tips & trik yg lebih mudah/sederhana yooouuuwww.
      :)

      BalasHapus